Beyond Kartini

Standard

Dulu saya pernah berada dalam situasi, khotbah hari Kartini gagal karena adanya ketidaksetujuan dari segelintir anggota jemaat yang berkomentar: ngapain hari kartini diperingati, padahal hari Paskah  dan Natal tidak? Ayy, debatnya tidak bakalan selesai semalam.

In a matter of fact, sesungguhnya kita boleh memperingati Paskah, kenapa tidak, bukankah memang Yesus sudah mati menggantikan hukuman kita? Kita boleh merayakan Natal, karena Yesus memang pernah lahir di bumi ini menjadi manusia. Sama bolehnya merayakan hari Ibu, hari Bapak, hari anak, hari bumi dan lain sebagainya.  Tentunya ada catatan bersifat doktrinal, hari Kartini bukan diperingati dengan cara memuji dan mendoakan ibu Kartini agar arwahnya diterima disisi Tuhan etc. Iya kan?  Hmm.

Buat saya sendiri, perayaan hari Kartini lebih sebagai  suatu alasan yang baik.  Sebuah alasan untuk para wanita mengenakan kebaya, sebagai kostum nasional yang sudah sangat jarang dikenakan dan sebagai alasan untuk memajukan wanita mengambil bagian dalam sebuah kebaktian yang biasanya didominasi oleh kaum pria.

dsc05005

Jadi, di hari sabat khusus para Kartini,  ibu-ibu mengenakan kebaya dan mengambil bagian dalam Kebaktian Sekolah Sabat dan Khotbah. Yang khotbah: saya🙂.  Hanya suatu renungan untuk tidak berhenti hanya mengenang dan menjadi seorang Kartini, tapi lebih dari itu, menjadi seorang Tabita atau Debora.  Kartini cuma sempat bermimpi, tidak mewujudkannya menjadi kenyataan.  Kontribusinya lebih merupakan sebuah pemikiran daripada perbuatan. Tabita dan Debora telah membuktikan kepiawaian bukan hanya di dapur dan di sumur. But far beyond that, mereka membuktikan keunggulan dari kaum pria juga di dunia politik dan militer.

Lagu istimewa dibawakan oleh Choir yang udah berlatih keras mempelajari Kasih Allah. Sehabis kebaktian, sebelum potluck, foto-foto dulu. Inilah hasilnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s