A Day for Us

Standard

Acara Retreat tahun ini bertempat di Villa Romi, Ciloto Puncak.  Temanya: Pertumbuhan Gereja.  Aaa!! Plis deh…begitu denger, udah langsung pusing kepala gwh.  Sapa juga mo betah dengerin Church Growth? Pendeta-pendeta aja kalo ada seminar bertema gitu, pada ngabur….apalagi gw….ga tertarikkkkk samasekali.

Pikiran pertama  gw adalah: gimana lagi dengan anak-anak?  Ga ada portion untuk mereka, ga juga gw diassign oleh seksi acara.  Teteup gw harus inisiatif menyampaikan ke panitia bahwa acara anak-anak entar gimana?

Akhirnya, gw inisiatif untuk meniadakan acara kelas sekolah sabat, dan membuat kelas kemajuan sepanjang hari sabat.  Gw bikin jadwal, melibatkan Viny, Eka, Lami, Cici, Findy, Ramses, Charles (yang dua terakhir ini pas hari H-nya ga muncul….hhh!) untuk ngajar kelas Adventurer dan Pathfinder, termasuk Surti, Kak Silvy and Oom Moody.  Kesian juga gw sama orang muda, terboring-boring aja gitu….sebenernya mereka udah usul ke gw untuk memisahkan diri, tetapi gw agak ga konsen ~~maafin ya~~ untuk ngurus anak-anak plus orang muda pada waktu yang sama.  Kalo ada kesempatan lagi, pasti gw cari cara deh!

Untungnya acara-nya lancar.  Anak-anak gampang diatur, hampir sepanjang hari mereka punya acara tersendiri, belajar macem-macem kepahaman, terpisah dari orangtua, ga saling ganggu antara anak-anak dan ortu. 

Jadi, ketauan banget, pas seminar setelah makan siang…ada yang tidur, ada yang ngobrol, ada yang males. Seminar kosong melompong.  Anak-anak sibuk sendiri…jadi apa alesannya ga ikut seminar?

Secara gw adalah manusia galak, ga banyak ibu-ibu yang ngotot nemenin anaknya di kelas Eager Beaver.  Gw tegaskan: ga perlu ditemenin! Walopun emang ada ibu-ibu yang nempel sama anaknya. 

Ini perlu gw bahas tersendiri lain kali.  Sementara biasanya anak-anak nempel sama ortunya, yang gw liat disini adalah ortu nempel sama anak-anaknya.  Anak-anak gw suruh bikin prakarya, yang bikinin mak-nya….kumaha?  Sementara anaknya lari-lari, ribut-ribut dan berisik berantem sama temennya. 

Adventurer belajar tentang Batu, Bunga, Burung, Sopan Santun, Olahraga, Ekologi dan Berkemah.  Pathfinder belajar tentang Pohon, Bunga, Storytelling, Red Alert, sementara Eager Beaver belajar tentang Bunga, Batu, Huruf dan Binatang yang sudah punah.

kemajuan.jpg

Have a good time?

I bet they are!

Leave a Reply

